Bagaimana Cara Merawat Sofa Anda?

Mencari sofa yang dapat bertahan lama merupakan nilai terpenting saat memilihnya. Ketelitian ketika mempertimbangkan material pada setiap sofa yang akan kita pilih juga harus dilatih.


Berbeda jenis material, beda juga cara perawatannya. Tergantung pada sofa yang strukturnya lebih banyak terbuat dari kayu atau tidak, dengan busa yang nyaman dan empuk, dilapisi material berbahan kulit sintetis,

 

kain katun, nilon, bludru, linen, polyster atau bahkan chennile akan mempengaruhi kenyamanan dan ketahanan sofa. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan merawat tempat duduk favorit Anda ini.


1. Pahami jenis material pada sofa Anda

Fabric SwatchMemahami dengan benar jenis material yang ada pada sofa Anda guna melihat material yang memiliki kekurangan dan kelebihannya sehingga penanganannya juga akan sangat berbeda.
  
Misalnya, sofa yang berbahan fabric, bahan ini biasa digunakan pada sofa-sofa yang sedang tren dan banyak diproduksi. Terkenal karena bahannya yang dingin sehingga nyaman berlama-lama duduk, tetapi karena pori-pori nya yang besar juga membuat sofa ini lebih mudah berdebu. Sehingga perlu rutin dibersihkan dengan vacuum cleaner.

 

 

Image : New Fabric Collection by Vinoti Living

 


2. Perhatikan penempatan sofa

Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar warna sofa tidak mudah pudar dan kehilangan kualitas aslinya. Bahan sofa juga bisa menjadi kering dan melengkung.

 

Pertimbangkan hal ini ketika Anda akan meletakkan sofa Anda, karena semakin jauh dari sumber cahaya matahari akan semakin meminimalisir kerusakan lebih kecil untuk jangka waktu yang lebih panjang.


3. Atur posisi sofa dengan rutin

Anda juga perlu sesekali memutar posisi sofa dan mengganti letak penempatan bantal sofa atau cushion. Hal ini dapat berguna untuk menghindari posisi duduk yang sama secara berulang-ulang,

 

selain itu dapat meratakan beban yang sama pada setiap titik sofa, sehingga sofa tetap menggembung seperti saat pertama. Lalu untung bantal sofa, Anda perlu menjemurnya seminggu sekali agar tetap mengembang.


4. Lindungi permukaan sofa dengan selimut

Boston 1-seat sofaMelindungi permukaan sofa dengan selimut atau kain yang dapat dicuci sehingga bulu halus dari hewan peliharaan dapat dibuang dan dibersihkan dengan mudah.
 
Sofa perlu dibersihkan secara rutin dan menyeluruh pada setiap sudutnya. Sangat efektif membersihkannya menggunakan vacuum cleaner agar debu, partikel kulit mati, bulu dan kotoran lain yang tertumpuk di sofa terhisap dengan cepat sehingga langsung siap untuk digunakan kembali.

 

 

Image : Boston Wing Chair & Ottoman

 

 


5. Membersihkan noda pada sofa Anda

Jika terdapat noda pada beberapa titik, Anda harus langsung membersihkannya jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena nanti nya noda tersebut akan susah dihilangkan. Tepuk-tepuk dengan lap setengah basah saat membersihkannya, jangan diusap karena dapat membuat noda makin melebar. Hati-hati saat menggunakan sabun pembersih dan saat mengeringkannya. Hindari pemakaian panas dari hairdryer secara langsung. Bahan sofa sangat sensitive dengan panas, jangan sampai malah membuat titik tersebut mengkerut.

 

Bersihkan SofaSofa yang berkualitas memang sangat cocok untuk investasi jangka panjang demi kebutuhan akan kenyamanan dan kebahagiaan Anda. Maka dengan perawatan yang tepat sofa akan dapat bertahan selama beberapa dekade. Dengan secara rutin selalu menjaga dan merawat furnitur pada rumah, akan bermanfaat bagi Anda juga kedepannya.

 

Ilustrasi: Membersihkan Sofa, image source : https://www.appleclean.co.uk/wp-content/uploads/Cleaning-a-beige-sofa.jpg

 

 

Beberapa point diatas, dapat Anda terapkan untuk menjaga kualitas sofa favorit Anda. Keberhasilan dalam menjaga tampilan sofa seperti saat pertama kali membeli, akan membuat kebanggan tersendiri terlebih ruangan juga terasa lebih bersih dan rapi. Jika Anda ingin menambah sofa dirumah Anda. Hubungi kami di Whatsapp selagi Anda berada di rumah saja. Ikuti media sosial kami untuk mendapatkan informasi mengenai promo yang sedang berlangsung.

Happy shopping and stay safe!

Simak juga mengenai Tips Membuat Ruangan Anda Terkesan Lebih Luas